Breaking

Minggu, 19 Juli 2020

Materi 1.2 Penerapan Multimedia Interaktif di Berbagai Bidang

Materi Pembelajaran:

C. Penerapan Multimedia Interaktif di Berbagai Bidang

Berikut ini adalah lanjutan materi konsep multimedia interaktif yaitu Penerapan Multimedia Interaktif di Berbagai Bidang. Untuk yang belum membaca materi sebelumnya silahkan tautan berikut Klik untuk ke materi sebelumnya.

Multimedia tentunya sudah tidak asing terdengar oleh manusia, apalagi multimedia memegang peranan penting didalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, perlu adanya penerapan multimedia supaya multimedia bisa semakin berkembang dan semakin mudah digunakan oleh manusia. 

Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia Interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, database, katalog, dan pemasaran. Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan/sekolah, antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Multimedia Interaktif dalam bidang rumah tangga, antara lain tutorial memasak, mendesain rumah, dan pemodelan ulang. Adapun pemanfaatan multimedia Interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal perbelanjaan. Sekarang ini pemanfaatan Multimedia interaktif makin luas dengan adanya teknologi smartphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan yang dapat
kita download di Appstore maupun playstore. Contoh yang paling banyak adalah aplikasi buka lapak, aplikasi simulasi mengendarai pesawat terbang, dan lain sebagainya.

Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.

Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004), dalam kehidupan sehari-hari manusia, diantaranya adalah:

Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mentransformasikan proses kegiatan belajar mengajar yang kuno (konvensional) menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk mengenal bangun datar, latihan membaca, mengenal huruf dll.. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam belajar. Multimedia interaktif berbasis website juga dapat diakses melalui situs rumah belajar yang dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id

Contoh Multimedia Interaktif di bidang pendidikan
Source : https://creatifla.com/

Contoh Multimedia Interaktif berbasis website di bidang pendidikan
Source : https://belajar.kemdikbud.go.id



Bidang Hiburan
Aplikasi multimedia di bidang hiburan sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM maupun menggunakan perangkat seluler sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan layar televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, X-BOX, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
Contoh Multimedia Interaktif di bidang hiburan
Source : https://urbanasia.com


Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut. Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. 
Contoh Multimedia Interaktif di tempat umum kios informasi
Source : https://kioskomputer.com


Selain Penerapan multimedia yang telah disebutkan diatas, penerapan multimedia dapat juga diterapkan antara lain:
1. Kios Informasi
Penerapan multimedia pada kios informasi berfungsi untuk menyampaikan informasi secara elektronik dengan menggabungkan unsur video, suara, dan animasi dengan tujuan agar penyampaian informasi menjadi lebih menarik bagi pengunjung, yang biasanya ditempatkan pada saat pameran dan di mal-mal tertentu.

2. CD interaktif profil perusahaan
Merupakan informasi profil perusahaan dalam bentuk CD yang interaktif ataupun demo produk dari perusahaan dengan menggunakan bantuan aplikasi komputer.

3. CD perangkat ajar berbasis multimedia
Merupakan perangkat ajar dalam bentuk CD yang menjadi keuntungan dalam bidang pendidikan. Dengan adanya perangkat ajar berbasis multimedia ini, maka presentasi pelajaran yang berbasis teks semata menjadi lebih hidup dengan adanya penambahan fitur animasi dan musik latar belakang. Diharapkan pelajaran melalui perangkat ajar multimedia ini yang lebih interaktif dapat lebih efektif seperti: Menambah ingatan lebih cepat, mengurangi biaya dan waktu.

4. Permainan
Permainan pada saat ini yang menerapkan multimedia, khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan menjadi lebih hidup dan nyata dan membuat pemain yang memainkannya mngikuti alur cerita dan mengikuti setiap tingkatan permainan dengan baik.
 
5. Situs web
Penerapan multimedia pada situs web menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar belakang, animasi dan video, daripada situs web yang hanya memiliki teks semata. Kelebihan penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat isi dari situs web multimedia ini.

6. Aplikasi presentasi multimedia
Presentasi pada kasus penjualan dan promosi produk atau jasa suatu perusahaan akan jadi lebih menarik bila ditambahkan dengan komponen-komponen multimedia, seperti transisi efek halaman. Sehingga akan lebih membuat para tamu atau pengunjung untuk membeli suatu produk perusahaan.

Untuk materi pertama lanjutan terkait model-model multimedia interaktif silahkan klik tautan ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar